Wednesday, August 14, 2013

Andai Jadi Presiden.

  Sejenak ketika sedang menonton berita, Indonesia memiliki berbagai ragam problem yang sangatlah banyak. mulai dari kasus bencana alam, kerusakan lingkungan, pendidikan, kesehatan masyarakat, kemacetan dan lain-lain. Terkadang suka memikirkan bagaimana jika menjadi seorang pemimpin di negeri ini? tak jarang banyak yang mengatakan bahwa menjadi presiden itu mudah. mudah mengatakan sesuatu tetapi menjalankan tidaklah semudah yang ucapkan. Ya, mungkin anggapan dikalangan masyarakat sudah berganti-ganti presiden tetap saja tidak ada yang berubah? pertanyaan itu sering kali terdengar tetapi jawabannya belum terpecahkan. 
  
Pertanyaan itu membuat diri saya tertarik untuk mencari jawabannya. saya sendiri-pun tak jarang berkhayal jika saya menjadi presiden. Alasan saya ingin menjadi presiden bukannya ingin dikenal orang banyak ataupun bukan ingin untuk menjadi orang pertama di negeri ini, melainkan saya ingin membuat negeri ini menjadi lebih baik. Meskipun 'tak mudah membalikkan telapak tangan' tetapi saya mempunyai impian mengenai hal itu. bukankah perubahan dimulai dari sebuah impian, bukan?

  Di mata saya, sebagai seorang presiden bukanlah suatu hal yang mudah. dengan kata lain, presiden adalah seorang pemimpin pada sebuah negara, dimana seseorang yang menjadi presiden memiliki tanggung jawab yang besar terhadap bangsa dan negaranya. bisa dibilang presiden itu adalah seorang pahlawan. meskipun perubahan atas kerja kerasnya baru menghasilkan sedikit tetapi hasil keringat pemikiran yang luar biasa itu sudah dapat menunjukkan rasa semangatnya untuk membuat lebih baik. saya merenung sejenak dengan perubahan yang sudah dialami oleh bangsa ini. menurut saya, bangsa ini sudah mengalami kemajuan jauh dibandingkan terdahulu. kemajuan ini tentu saja hasil pemikiran seorang pemimpin dan juga para masyarakatnya. dengan begitu, alangkah baiknya kita berterimakasih atas kerja sama semuanya. semua tidak akan sukses jika hanya satu orang saja yang melakukannya.

kembali lagi ke masalah andai jadi presiden, meskipun saya masih duduk di bangku SMA kelas tiga, tidak ada salahnya memiliki mimpi menjadi presiden. toh, semua orang juga ingin indonesia berkembang secara pesat. pikiran semua orang juga sama dengan pikiran saya. satu hal yang ingin saya lakukan jika menjadi presiden yaitu meningkatkan kualitas pendidikan pelajar indonesia. Jangan mengabaikan masalah yang satu ini. Pendidikan di indonesia terbilang sudah sangat tinggi.bagaimana tidak, kita sudah terkenal dengan sederetan penghargaan dalam dunia pendidikan misalnya olimpiade sains maupun para atlit yang menang dalam suatu perlombaan. sudah sepantasnya mengenai ini harus dipikirkan secara matang. para pelajar ini akan membuahkan prestasi yang nantinya akann menjadi generasi baru yang membawa indonesia ke mata dunia. Dan tentu saja satu hal yang harus di ingat, pendidikan harus merata dari sabang sampai merauke. jangan sampai pendidikan terlihat seperti deskriminasi antara yang berada di kota maupun di pedalaman. mutu pendidikan haruslah sama sehingga tidak terjadi kecemburuan di masing-masing tempat. adakalanya setiap sekolah memiliki fasilitas yang memadai, mulai dari bangunan sekolahnya, perpustakaan dan ruang kelas. dengan begitu, para pelajar juga akan bertambah semangat dalam mengejar impiannya.

 Yang kedua, saya ingin memanjukan sektor pertanian. indonesia terkenal dengan wilayah pertanian dan perkebunan. sangat di sayangkan sekali jika kita hanya menjadi 'pesuruh' bagi bangsa lain padahal kita sendirilah yang memiliki hak untuk menikmatinya. sudah seharusnya bangsa kita dapat merasakan kekayaan alam yang melimpah, namun sebenarnya bangsa kita masih di jajah secara tidak sadar.

yang ketiga, menunjukan kepada dunia bahwa indonesia memiliki panaroma alam yang tidak kalah hebat dengan bangsa lain. kita bisa mempromosikan parawisata kepada seluruh dunia sehingga negeri ini dapat disukai.

yang keempat, menciptakan lapangan pekerjaan. penduduk indonesia banyak yang memiliki kualitas bagus tetapi banyak yang menjadi pengangguran. ada baiknya, lapangan pekerjaan di ciptakan sebanyak-banyaknya untuk masyarakat sehingga mereka dapat bekerja. bukan itu saja, pelatihan untuk menambahkan sumber daya manusianya agar mereka memiliki sikap kerja keras, jujur dan ulet.

yang kelima, masalah kesehatan. banyak masyrakat di wilayah lain yang belum mendapatkan fasilitas kesehatan yang kurang memadai. padahal kesehatan berhak di dapatkan oleh siapapun. bukan orang yang mampu ke dokter saja yang boleh berobat melainkan orang yang tidak mampu pun berhak menikmati fasilitas kesehatan. haruslah di tekankan untuk mempertambah bantuan medis di berbagai daerah secara merata. sehingga indonesia terhindar dari berbagai penyakit.

 warga indonesia pastilah menginginkan perubahan secara drastis, tetapi ingatlah bahwa perubahan itu tidak harus terjadi secara besar-besaran, melainkan dimulai dari yang kecil. sekecil apapun usaha para presiden di negeri ini, hargailah. dengan cara menghargai mereka pun sebenarnya kita sudah mendukungnya. kembangkan terus kerja samanya, jangan sampai indonesia terpecah belah karena perdebatan panjang yang pada akhirnya akan memecahkan negara ini.  lebih baik kita saling mendukung demi keberhasilan negara indonesia :)

 Tulisan ini merupakan keikutsertaan lomba blogger di http://festiksinjai.blogspot.com/2013/06/lomba-blog-desain-and-article-writing.html dan http://bloggersinjai.or.id/



12 comments:

  1. woke2 sis,,, ide yg menarik,,,
    kunjungan balik dari sya http://semuapemimpi.blogspot.com/2013/08/andai-aku-jadi-presiden-just-dream.html ,,
    thanks ya udh berkunjung di blog newbie saya,,,

    ReplyDelete
  2. heheh makasiiii yaaa:D oke nanti dikunjungi :)

    ReplyDelete
  3. Sip. Perubahan besar ga akan ada kalau dari yg kecil pun ga berubah.

    ReplyDelete
  4. Benar, sungguh amat disayangkan sekali jika bangsa kita hanya menjadi 'pesuruh' bagi bangsa lain padahal kita sendirilah yang memiliki hak untuk menikmatinya. Untuk itu, perlu ada peningkatan kualitas SDM di Indonesia agar kelak SDA yg melimpah ruah di berbagai penjuru negeri dapat kita olah dan kita nikmati hasilnya. Nice artikel kak, salam kenal :)

    Ditunggu kunjungan plus follownya ya,
    http://tikameliv.blogspot.com/2013/07/andai-aku-jadi-presiden.html#comment-form

    ReplyDelete
  5. hehehe terimakasih ya semua!:D baik nanti dikunjungi yaaa @tika :)

    ReplyDelete
  6. kesmipulan yang sama dengan yang saya tulis,

    http://wkhatulistiwa.blogspot.com/2013/08/catatan-andai-andai-menjadi-presiden.html

    jalan-jalan ke blog saya Del,

    Oiya, salam kenal untuk kamu. Ini pertama kalinya saya ksni.

    :)

    ReplyDelete
  7. Sektor-sektor penting dimajukan!!! Bagus :) Semoga rencana-rencana kecil itu bisa banyak yang selesai, agar menjadi bukit :D
    Ditunggu kunjungannya ya http://abristyle.blogspot.com/2013/08/rencana-gue-andai-gue-jadi-presiden.html

    ReplyDelete
  8. nice! ;)
    mampir ya ke blogku, " Kalo Presiden Seperti Aku " http://atfangooners.blogspot.com/2013/08/kalo-presiden-seperti-aku.html
    thx ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. baiklah hehe terimakasih atas kunjungannya:D oke segera saya kunjungi yaa:D

      Delete
  9. menarik blognya. perubahan dimulai dari yang kecil. kunjungi balik ya blog saya:)

    http://ikhbal-mylifestory.blogspot.com/2013/08/andai-aku-jadi-presiden-ten-of-golden_5.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih atas pendapatnya!:) baiklah, saya kunjungi balik yaaaa:)

      Delete
  10. hmm... menarik untuk lebih dipertajam neng... hal kecil menjadi sesuatu yang sangat baik dan bisa menjadi sangat berguna... jongos adalah kata yang paling tepat untuk penggambaran nya dan yang penting perlu adanya penggambaran tersebut untuk bagian penyadaran akan kebesaran dan kebodohan dari Bangsa kita... sip salam untuk semua... yours article is very nice... neng... nice... big and much tumbs....

    ReplyDelete